Sharingan 3 - Naruto
Home » » Teknik Praktis Membuat Gambar Manga

Teknik Praktis Membuat Gambar Manga


Manga merupakan istilah yang biasa digunakan para seniman atau pecinta komik untuk membicarakan tentang komik Jepang. Manga itu sendiri sebenarnya menurut bahasa Jepang bermakna “komik”.  Perbedaan mendasar antara sebutan komik dan manga adalah perbedaan pengelompokan dimana lebih berfokus pada komik-komik Jepang, sedangkan sebutan komik lebih kepada komik-komik atau karakter komik buatan Amerika dan Eropa.

Komik manga memiliki ciri khas yang menonjol, di antaranya bentuk mata yang besar, hidung yang mungil, bibir yang tipis, dan bentuk wajah yang oval dan lancip. Para pembuat gambar manga bisa disebut mangaka. Setiap mangaka memiliki karakter khas atau gaya gambar masing-masing sehingga orang lain dapat mengenali gayanya tersebut dan juga karakter manga yang dibuatnya. Secara umum, gaya gambar manga terbagi menjadi tiga jenis.
1. Gaya gambar Adult Body (AB)
Gaya gambarnya dengan proporsi tubuh manusia normal. Pada beberapa karakter dapat ditemukan dengan proporsi tubuh lebih tinggi dan lebih besar dari manusia normal. Gaya gambar ini kebanyakan menggunakan perbandingan proporsi 1:5, 1:6, 1:7, dan 1:8.
2. Gaya gambar Child Body atau Chibi (CB)
Gaya gambarnya dengan proporsi tubuh anak kecil. Biasanya menggunakan perbandingan 1:4, 1:3, dan 1:2.
3. Gaya gambar Super Deformed (SD)
Gaya gambarnya dengan proporsi tubuh kurcaci atau cebol. Biasanya gaya gambar ini digunakan untuk adegan parodi atau komedi. Gaya gambar ini bisanya menggunakan perbandingan proporsi 1:1. Gaya gambar ini mengalami banyak perubahan terutama di bagian tubuh yang tampak lebih disederhanakan sehingga tampak lebih lucu, mungil, dan lebih menarik.
Sebelum diolah dengan program editor gambar, ilustrasi gambar manga lazimnya dibuat menggunakan pensil. Pada tahap awal, Anda harus mempelajari teknik dasar tarikan garis sketsa dan arsiran. Kemudian mulai mempelajari teknik membentuk gaya atau karakter tubuh manga beserta busananya. Hingga pada akhirnya Anda dapat membuat gambar interaktif dan gestur tubuh. 
Mengenai langkah-langkahnya secara mudah dan praktis, Anda dapat melihatnya di dalam buku Drawing Magic Menggambar Manga terbitan mediakita. Buku ini ditujukan untuk Anda yang gemar atau hobi corat-coret menggambar manga atau bagi yang ingin mengembangkan kreativitas menggambarnya lebih maju lagi. Di dalamnya, Anda akan menemukan pengetahuan dan teknik dasar menggambar manga dengan gaya ambar dan media yang beragam.
Di dalam buku yang ditulis oleh A.R. Studio ini terdiri dari pelajaran aplikasi menggambar wajah, menggambar tubuh, dan menggambar suasana atau karakter manga berikut olah digitalnya menggunakan komputer. Setiap teknik dibahas secara bertahap, mulai dari membuat arsiran, membuat pola dasar, pembentukan, penintaan, gestur tubuh, pendetailan gambar, hingga menjadi gambar sempurna setelah diolah melalui program editing komputer.

0 komentar:

Google+ Followers

 
Support : gambaranku.blogspot.com | Rifqi Khairi | My Life My Imagination
Copyright © 2013. SKETSA@sik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger